Pengenalan Organisasi Komputer

“Arsitektur Komputer” berhubungan dengan perilaku fungsional system komputer seperti yang terlihat oleh seorang programmer. Sebagai contoh: ukuran suatu tipe data, misalnya 32 bit untuk tipe data integer.
“Organisasi Komputer” berhubungan dengan hubungan stuktural yang tidak terlihat oleh seorang programmer. Sebagai contoh: frekuensi “clock” atau ukuran sesungguhnya dari “physical memory”.

Sudut Pandang Pembahasan
Komputer yang merupakan salah satu system yang paling kompleks yang pernah dibuat manusia dan seperti semua system kompleks yang lain dapat dipandang dari berbagai sudut, tergantung pada bidang ilmu yang dikuasai.
·       Pembahasan suatu system komputer dari stuktur dan fungsinya secara menyeluruh merupakan pembahasan dari sudut pandang arsitektur.
·    Suatu system komputer dapat juga dibahas dari sudut pandang seseorang yang menggunakan bahasa assembly (di-Indonesia-kan secara mudah menjadi bahasa rakitan untuk memprogramnya).
·         Suatu system komputer bahkan dapat dipandang dari sudut stuktur logika abstrak ter-rendah, yaitu dari sudut pandang desain pada tingkat gerbang – gerbang logika.

Syarat – syarat
·         Anda pernah menggunakan komputer sebagai “end user
·      Anda diasumsikan pernah membuat program aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language = HLL) seperti Pascal, C/C++, dsb.
Anda memiliki pengetahuan tentang rangkaian logika.

Silahkan klik download untuk membaca lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar